[CATATAN] Contoh Percakapan Bhs.Korea

I’ll give u an example of the dialogue between donghae n minjee *slap kkk~
minjee itu nama korea saya😀

Minjee : Eoseowa (selamat datang)
Donghae : Saengil chukhahae. Igeo saengil seonmuriya (selamat ulang tahun, ini hadiah ny)
Minjee : Gomawo. Jinjja yeppeuda (Makasih, sangat cantik)
Donghae : Maeume deureo? (senang?)
Minjee : eung, maeume ssok deureo (ya, hatiku senang sekali)

nah… yg ini isi kartu ucapan dari donge ._.v

Minjee~ya,
Saengil chukhahae. Neohante eoullil geot gataseo tisyeocheureul hana sasseo. Ne maeume deureosseumyeon jokesseo. Eonjena chinhage jinaeja.
(Selamat ulang tahun ya, aku belikan satu t-shirt yg nampak serasi buatmu, semoga kau senang. Kita akan selalu akrab sampai kapan pun)
Donghae^^

PS ::
*) johda = bagus, baik
*) nappeuda = jelek, jahat
*) yeppeuda = cantik
*) meositda = tampan
*) gweyepda = manis, imut

*) ot = baju
*) son bal = sepatu
*) mogeoli = kalung
*) inhyeong = boneka
*) cheg = buku
*) eumag CD = CD musik
*) jajeongo = sepeda
*) kompyuteo = komputer

— WISH —

*) Dijeuniraendeue gasseumyeon jokesseo (Semoga saya bisa pergi ke Disney Land)
*) Chinhage jinaesseumyeon jokesseo (semoga kita jadi teman dekat)
*) Maeume deureosseumyeon jokesseo (aku berharap kamu senang)
*) Nareul jom dowajwosseumyeon jokesseo (semoga kau membantuku)
*) Oesikhaesseumyeon jokesseo (aku brharap kau telah makan di luar)

— Ekspresi ketika memberi/menerima hadiah —

*) maeume deureo? (kau suka?)
*) eung/geureom (ya)
*) mulloniji (pasti)
*) eung, maeume ssok deuro (ya, aku sangat suka)

sekian ^___^

[PART 6] Let’s Learn Korean!

ini ada cttn kalimat” bahasa korea ::

*) Dwaegeoneun (tolong jgn bicara lagi)
*) Nomu kamkyeokhaeso nunmuri nanda (menyentuh bgt sampe mau nangis)
*) Dangguniji (saya berani taruhan/yakin bgt)
*) Nae seongjil geondeurijima (jangan bikin saya grogi)
*) Niga nahante eotteohke geureol su ini? (bagaimana bisa kau lakukan ini padaku)
*) Mianhae hal gotkkajineun obso (gak ada yg perlu dimaafkan)
*) I jit i jigeowo jugetseo (ini menyebalkan!)
*) Ya, chingu chodaneun ge mwoya? (ayolah, kita teman kan?)
*) Dugoboji (tunggu aja!)
*) Momi jjibudunghada (saya cape bgt)
*) Ohae hajimaseyo (jgn salahkan aku)
*) Ni mamdaero haseyo (di bikin enak aja)
*) Jaeneun nallariya (dia itu playboy)
*) ya~ sinnanda (yah, ini menyenangkan)
*) Nege seobseobhada (saya kcewa sama kamu)
*) Akkawara! (sia” saja)
*) Kkumkkae (yg bener aja)
*) Aigo jinjja utjinda (ini sangat bodoh)
*) Wae sani? (lagi mikirin apa?)
*) Naege haengeureul bireo jwo! (doain aku beruntung)
*) omo, bukkeurowo (ya ampun, malu bgt)
*) Neut otdago saenggakhal ddaega kajang ppareul ddaeda (lebih baik terlambat dripda tdk sama skali)
*) sarangi sigottguna (cinta itu telah hilang)
*) Modeun ke gwichanah (semuanya butuh perjuangan)
*) Oneul gibuni eottaeyo? (bagaimana perasaan Anda hari ini?)

^____^

[PART 5] Let’s Learn Korean!

ni ada cttn bhs korea ttg brikut ::
– Angka ( Angka asli & angka sino
– Warna
– Musim
– Ungkapan Perasaan
– Pekerjaan

1. ANGKA
ada 2 angka yg d pakai d korea, angka asli korea & angka sino.
Angka asli korea cuma sampe 99. Biasa dipakai u/ menyatakan jumlah org, jam, umur, buku, botol, pakaian, bunga, dll.
1 = hana
2 = dul
3 = set
4 = net
5 = daseot
6 = yeoseot
7 = ilgop
8 = yeodol
9 = ahop
10 = yeol
11 = yeol hana
20 = seumul
30 = seoreun
40 = maheun
50 = swin
60 = yesun
70 = reun
80 = yeodeun
90 = aheun
Angka sino mrupakan angka yg tdk trbatas. Di ambil dri sistem angka cina. Biasanya d gunakan u/ menyatakan th, bulan, menit, dll.
1 = il
2 = i
3 = sam
4 = sa
5 = o
6 = yuk
7 = chil
8 = phal
9 = gu
10 = sip
11 = sibil (prubahan menjadi b)
20 = isip
30 = samsip
40 = sasip
50 = osip
60 = yuksip
70 = chilsip
80 = phalship
90 = gusip
100 = baek
200 = ibaek
400 = sabaek
600 = yukpae
800 = phalbaek
1.000 = cheon
2.000 = icheon
10.000 = man
100.000 = simman
1.000.000 = baengman

WARNA

*) ungu = borasaek
*) hijau = galssaek
*) hitam = geomeunsaek
*) putih = hinsaek
*) kuning = noransaek
*) biru = paransaek
*) merah = ppalgansaek
*) hijau muda = yeondusaek

MUSIM

*) musim bunga = pom
*) musim gugur = kaeul
*) musim panas = yeoreum
*) musim dingin = gyeoul

UNGKAPAN PERASAAN

*) senang = gippeoyo
*) sedih = seulpeoyo
*) marah = hwaganayo
*) aku merasa = naneun …. haeyo
*) aku benci kamu (sangat) = jeungohaeyo
*) aku benci kamu = miwohaeyo
*) turut brduka = jeongmal an dwaessneyo

PEKERJAAN

*) haksaeng = pelajar
*) gongmuwon = pegawai pemerintah
*) uisa = dokter
*) ganhosa = juru rawat
*) yaksa = apoteker
*) enjinieo = teknisi
*) byeonhosa = pengacara
*) geomsa = jaksa
*) sa-eoga = pengusaha
*) hoesawun = karyawan

sekian cttn ny, moga brmanfaat dan mian kalo ada yg salah ktik ya ^__^

[PART 4] Let’s Learn Korean!

Annyeong…
yg pertama tema ny adalah bagaimana ungkapan ato kalimat yg bisa kita katakan ktika kita tidak tau bgaimana menjawb pertnyaan dri penanya yg memakai bhs korea *ribet bhs ny ya?*
ya gtu deh baca aja ya…
*) Hangukmal jal mothaeyo (saya tdk bisa berbahasa korea dgn baik)
*) Hangukmal jonhyo mothaeyo (saya sama skali tdk bisa brbahasa korea)
*) Jal moreugetssoyo (saya tdk mengerti)
*) Mianhamnida (maaf)
*) Tashi hanbon malseumhaejuseyo
(tolong ulangi ucapanmu)
*) Chonchonhi malseumhae juseyo (tolong bicra pelan”)

Oia, kalian tau ga, struktur kalimat dlm b.korea?
struktur ny itu S-K-O-P, beda sama d indo yg pake S-P-O-K

contoh:
*) kalimat tnpa K = Naneun neoreul joahanda (S-O-P) >> Aku suka kamu
*) kalimat S-P = Naneun yepeuji >> Aku cantik
*) kalimat S-P = Geu sarameun euisaimnida >> Orang itu adalah dokter.
Kalo d artikan satu” ‘geu’ berarti ‘itu’ ‘saram’ (/eun) berarti ‘orang’, ‘euisa’ adlh dokter, dan ‘imnida’ sendri brarti ‘adalah’. jadi kalimat ny d bolak-balik😀
*) Kalimat S-K-O-P = Eomeonineun (ibu) eoje (kemarin) gabangeul (tas) sasseumnida (membeli) >> ibu membli tas kemarin

Tambahan (kalimat ungkapan)
sekedar info🙂
*) naega nege malhae (aku gelisah)
*) sarang haja (mari saling mencintai)
*) mannaja (mari bertemu)
*) uri dasi mannaja (ayo balikan)
*) Gidarilke (ku akan menantimu)

sekian.
share yuuu~ hehehe ._.v
^____^

[PART 3] Let’s Learn Korean!

ada beberapa topik yg bkal d share di part 3, yaitu ::
– Ungkapan Ingin
– Gwail (buah”an)
– Kata Tanya
langsung aja ya😀

Ungkapan ingin ini ada beberapa cnth saja ya, dan ini cnth kalimat singkat ny aja…
*) yeolgo sipheoyo (ingin membuka)
*) phalgo siphseumnida (ingin menjual) aku gatau knp yg ini ga pake sipheoyo, ada yg bsa jelasin??
*) Salgo sipheoyo (ingin tinggal/ingin hidup)
*) Mandeulgo sipheoyo (ingin membuka)
*) Ciggo sipheoyo (ingin memotret)
*) Moeggo sipheoyo (ingin makan)
*) Sago sipheoyo (ingin membeli)
*) Ilhago sipheoyo (ingin bekerja)
*) Dwego sipheoyo (ingin menjadi)
*) Gongbuhago sipheoyo (ingin belajar)
*) Bogo sipheoyo (ingin melihat/kangen)
*) Seonggonghago sipheoyo (ingin sukses)
*) Gareuchigo sipheoyo (ingin mengajar)
*) Jureobhago sipheoyo (ingin lulus)

Gwail (buah”an)

dari beberapa buah yg aku bca, b.korea ny trnyata ada jg yg serapan dri b.asing trutama b.ing…
*) sagwa (apel)
*) banana (pisang)
*) podo (anggur)
*) bae (pir)
*) tomato (tomat)
*) subak (semangka)
*) painaepeul (nanas)
*) ttalgi (stroberi)
*) orenji (jeruk)
*) kiwi (kiwi)
*) cheri (cherry)
*) boksunga (persik)
*) gam (kesemek)
*) mang-go (mangga)
*) abokado (alpukat)

aku punya cnth kalimat ny::
*) Semangka ini sangat enak = I subaki (/eun) neomu masitseoyo
*) Apakah Anda menyukai stroberi = Dangsineun (/i) ttalgireul joahaeyo?

Kata Tanya singkat

*) eonjeyo? (kapan?) *) eodieyeyo? (dimana?)
*) myeot? (berapa?)
*) museun (yg apa)
*) eoseun (yg mana)
*) eoteon-geoyeyo (yg bagaimana?)
*) mwo hago isseumnika? (sedang apa?)

semoga brmanfaat ^___^

[PART 2] Let’s Learn Korean!

Kali ini sya bkal bhas kata” sederhana dari b.korea yg kdang bnyk kita temukan di lirik lagu… moga brmanfaat ^_^

*) Naega (aku) >> memiliki pnekanan lbih dripda “Na”
*) Neo (kamu) >> informal
*) Neoeui du nuni (kedua matamu)
*) Neun >> partikel kalimat (penanda subjek) ex: aku dlm b.korea bisa “Na” kalo d msukin k kalimat subjek ny brubh jd Na+neun >> Naneun *CMIIW*
*) reul/eul >> penanda objek
*) Niga (kamu)
*) Uri (kita)
*) Eobseoyo (tdk ada)
*) Bam (malam)
*) Saram (orang)
*) Sesang (dunia)
*) Soge (di dalam hatiku)
*) sipheo (ingin) *yg tentang ingin ini nanti aku kasi cnth d pmbhasan slnjt ny ya*
*) dangsin (kamu) >> formal
*) wihae (untuk) >> kalo u/mu jd ‘neoreul wihaeseo’
*) yongseohae (memaafkan)
*) yeongweon (keabadian)
*) simjang (hati)
*) gaseumi apha (hatiku sakit)
*) tonajima (jgn tinggalkan aku)
*) majimak (terakhr)
*) neoreul ijeulsu eobneunde (aku tdk bisa melupakanmu)
*) dorawajyo, jebal (kumohon kembalilah) >> kalo jebal doang arti ny ku mohon ._.
*) isesangeseo (di dunia ini)
*) irona! (bangun!)
*) ka! (pergi!)
*) iriwa (kemari
*) ajik (masih)
*) deul >> penanda benda jamak
*) i (ini)
*) ije (sekarang)
*) eonjena (kapanpun/selalu)
*) eui >> partikel kpemilikan
*) ga >> partikel kalimat (ditambahkan pd subjek/objek)
*) geurae (baiklah)
*) geureohke (seperti itu)
*) ireohke (seperti ini)
*) hajiman (tetapi)
*) haengbok (kebahagiaan)
*) haetjiman (melakukan) >> lampau
*) hamkke/+hae (bersama)
*) isseo/+yo (ada)
*) gakkeum (kadang)
*) geunyang (seperti itu)
*) modu (tiap)
*) modengeol (semuanya)
*) cheonsa (malaikat)
*) kayak uljima (jgn menangis)
*) kajima (jgn pergi)
*) saranghamyeon andwae (jgn mencintaiku)

^___^

[PART 1] Let’s Learn Korean!

annyeong haseyo..
aku mau post kumpulan” kata dlm b.korea yg aku kumpulin dri brbgai sumber ni, moga brmanfaat ^^
lgsg aja ya…

Salam & Ucapan Selamat (Insa mit cukha)
*) Annyonghaseyo (slamat pagi;slmt siang;slmt sore;slmt malam;halo)
*) Chukhahamnida (Selamat)
*) Annyongi gaseyo (Selamat jalan)
*) Annyongi gyeseyo (Selamat tinggal)
*) Oso Oseyo (Selamat datang)
*) Saengsin cukhaderimnida (Selamat ultah [hormat])
*) Saengil chukhaderimnida (Selamat ultah)
*) Saehae bok mani badeseyo (Selamat tahun baru)
*) Jal mogessemnida (Selamat makan)
*) Annyongi jumuseyo (Selamat tidur)
*) Sugohaseyo (Selamat bekerja [u/tman sbaya])
*) Sugohasyossoyo (Selamat atas selesinya pekerjaan Anda)
*) Yolsimi ilhamnida (Bekerjalah dgn giat)
*) Yolsimi gongbuhamnida (Belajarlah dgn giat)
*) Oraenmanieyo (Lama tak brjumpa)
*) To bweibgessemnida (Sampai jumpa lagi)
*) …. ege anbu jonae juseyo (Salam u/ ….)
*) Jal jinaessoyo (Baik” saja?)
*) Dokbune jal jinaeyo (Berkat doa Anda, saya baik” saja)

*) ….. ssinen otosemnikka? (Bagaimana dgn ….?)
*) Jodo jal jinaeyo (Saya juga baik” saja)
*) Ajik~ (Belum~)
*) Dowa juseyo! (Tolong bantu saya!)
*) Ajik mollayo (Belum tahu;belum mengerti)
*) Jinca? (Sungguh?)
*) Jongmal? (Masa sih? Benarkah?)
*) Anjeseyo (Silahkan duduk)
*) Geraeyo? (Begitukah?)
*) Derooseyo (Silahkan masuk)
*) Gachi gabsida! (Ayo pergi bersama!)
*) Jibe gabsida! (Ayo pulang ke rumah!)

^_^